rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

PTI Pertemuan 4

BRAINWARE

Brainware/Lifeware/Spesialis Informasi adalah orang-orang yang bekerja di dalam bidang komputer (teknologi informasi) dan bidang yang berhubungan dengan komputer.

Profesi dalam Teknologi Informasi.

Dalam teknologi informasi profesi yang populer, yaitu :

1.Chief Information Officer (CIO) adalah orang yang bertanggungjawab kepada seluruh aktivitas pelayanan informasi dalam perusahaan.
System Analyst (Analis Sistem) adalah orang yang pekerjaannya menganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem informasi. Pekerjaan tersebut meliputi pendefinisian masalah, studi kelayakan, analisis, perancangan (teknologi, model, input, output, database,kendali) secara umum, secara rinci, implementasi dan pemeliharaan sistem informasi. Analis sistem membuat program spesifikasi diperuntukkan

2. Programmer.
Programmer bertugas menyusun program berdasarkan program specifikasi dari Analis. Karir seorang programmer dapat menjadi Manajer Programmer, bahkan dapat pula menjadi Analisis Sistem.

3. Network Administrator bertugas merancang dan memelihara Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Pekerjaan ini meliputi pemilihan dan penginstalan perangkat lunak dan perangkat keras yang cocok, misalnya modem, router, front-end processor dan memilih media transmisi.

4. System Programmer adalah orang yang pekerjaannya merancang, mengembangkan, memelihara, dan mengimplementasikan perangkat lunak sistem. Perangkat lunak system sebagai dasar dari operasi komputer secara umum.

5. Database Administrator bertugas merancang, menciptakan, dan memelihara database yang terintegrasi. Webmaster (Internet site specialist) bertanggungjawab pada penciptaan dan pemeliharaan satu atau lebih situs Internet. Webmaster dengan menggunakan material sumber dan peralatan pengembangan dari perusahaan untuk menciptakan dan memelihara halaman World Wide Web (WWW).

6. Computer Operator (Operator Komputer) bertugas :
• melayani peralatan/instalasi computer
• melaksanakan pekerjaan sesuai dengan urutan prosedure yang telah ditetapkan.
• menyiapkan input data
• memasukan data ke computer
• mengawasi peralatan-peralatan computer
• menjadwal pekerjaan komputer.

7. PC Specialist dilatih dalam operasi dan fungsi PC dan berhubungan dengan perangkat keras. PC Specialist cakap dalam penggunaan dan aplikasi paket perangkat lunak PC, misalnya word processing, desktop publishing, komunikasi, spreadsheet, database, dan grafik presentasi

0 komentar:

Posting Komentar

Tenggalkan Komentar